cool hit counter

PDM Kota Pekalongan - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kota Pekalongan
.: Home > Berita > Agus Sukaca : Sembilan Kebiasaan Emas Menuju Gerbang Pribadi Utama

Homepage

Agus Sukaca : Sembilan Kebiasaan Emas Menuju Gerbang Pribadi Utama

Jum'at, 31-05-2015
Dibaca: 1431

Usaha untuk mewujudkan diri menjadi pribadi muslim yang sebenar-benarnya tidak dapat dilakukan dengan cara instan. Dalam usaha ini, seseorang harus melaksanakan upaya-upaya pembenahan diri secara terus-menerus. Karena itu, prosesnya sangatlah panjang. Salah satu faktor penting dalam mewujudkan pribadi muslim yang utama adalah keberhasilan seseorang dalam membiasakan amalan-amalan yang melekat pada dirinya sehingga menjadi ciri atau identitas pribadinya.

 

Demikian dikatakan Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah dr. Agus Sukaca, M.Kes ketika berbicara pada Tabligh Akbar Jelang Muktamar ke-47 Muhammadiyah di Komplek SD Muhammadiyah Kuripan Kidul Kota Pekalongan, Ahad (31/5) kemarin.

Lebih lanjut Agus Sukaca menandaskan jika setidaknya terdapat sembilan  kebiasaan yang diharapkan dapat menjadi “wasilah” guna meningkatkan kepribadian kita sebagai sosok individu utama , yang tidak  hanya saleh secara personal namun juga saleh secara sosial. “Kami sering menyebut sembilan kebiasaan ini sebagaiThe Nine Golden Habbits atauSembilan kebiasaan emas, yakni, Pertama, kebiasaan Shalat, yaitu shalat wajib di awal waktu dan berjamaah diiringi shalat sunnah rawatib, shalat tahajud di setiap sepertiga malam terakhirdan shalat dhuha setiap pagi.

Kedua, kebiasaan puasa, di samping melaksanakan puasa Ramadhan juga membiasakan berpuasa sunnah. Ketiga, kebiasaan berzakat, infaq  dan shadaqah(ZIS). Senantiasa mengeluarkan lebih dari 2,5% dari total pendapatan untuk ZIS. 

Keempat, kebiasaan membaca al-Qur’an, senantiasa membaca al-Qur’an pada waktu-waktu tertentu, misalnya sehabismaghrib, menjelang shubuh, ba’da shubuhserta mengkhatamkannya minimal 1 kali dalam sebulan. 

Kelima, kebiasaan membaca buku lebih dari 1 jam setiap hari. Keenam, kebiasaan beradab Islami dalam setiap aktivitas yang dilakukan. Ketujuh, kebiasaan mengaji dan berada dalam komunitas orang shaleh lebih dari sekali dalam seminggu. Kedelapan, kebiasaan berkata baik, beramal shaleh dan memberikan kemanfaatan bagi orang lain. Kesembilan, kebiasaan berpikir positif dan murah senyum.

“Kesembilan kebiasaan baik tersebut, tentunya tidak akan berjalan dengan baik, jika tidak dimulai dari hal-hal yang kecil dan dimulai sekarang juga,” kata dia.

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua PDM Dr. HM. Hasan Bisysri, M.Ag menyatakan jika saat ini terdapat sejumlah program dan kegiatan yang digulirkan oleh para Pimpinan Cabang Muhammadiyah. Di antaranya adalah pengadaan mobil ambulans oleh PCM Pekalongan Timur dan Pembangunan Klinik Pratama oleh PCM Pekalongan Selatan. Klinik Pratama itu sendiri diharapkan ke depan dapat berkembang sebagai cikal bakal rumah sakit Muhammadiyah. “Dua program di bidang kesehatan tersebut, merupakan bagian dari komitmen Muhammadiyah di bidang kesehatan. Kita berharap, agar warga Muhammadiyah bahu membahu mewujudkan program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya. (tubagus ms)


Tags:
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori:



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website